Bandara Udara Pendopo, Salah satu bandara tua yang ada Sumatera Selatan

0
1772


Bandar Udara Pendopo adalah bandar udara yang terletak di kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.300 m x 23 m. Bandar udara ini dibangun oleh PT Stanvac Indonesia sejak tahun 1932 silam untuk medukung operasional pertambangan minyak dan gas di area Pendopo.

Sekitar setahun yang lalu yaitu sekitar bulan juli 2015, pemerintah kabupaten PALI telah melaksanakan uji coba pendaratan pesawat udara bekerja sama dengan salah satu maskapai penebangan domestik Susi Air untuk melakukan penerbangan di Bumi Serapat Serasan.
bandara pendopo
Orang pertama yang melakukan uji pendaratan setelah bertahun-tahun bandara ini tidak berfungsi adalah orang nomer satu di Sumatera Selatan yaitu Gubernur ir H Alex Noerdin.

Dalam kesempatan yang sama, penjabat Bupati PALI kala itu menuturkan masih memerlukan banyak dana untuk dapat mengoperasikan bandara ini secara layak. Karena runway yang ada hanya sepanjang 1300 meter. Sedangkan untuk pendaratan pesawat sekelas Boeing nenerlukan landasan pacu minimal 2000 meter

Run away yang ada di bandara tertua di Sumsel tersebut hanya 1300 m, sedangkan minimal run away untuk maskapai tersebut 2000 m. Oleh karena itu dalam waktu dekat ini kami melalui dinas perhubungan Kabupaten PALI sedang mempersiapkan proposal ke kementerian perhubungan, agar bisa dibantu melalui dana APBN, ” kata Apriyadi di Talang Ubi, Rabu (08/07/2015)

Dari pantauan team Radio PALI, Bandara tersebut dari setahun yang lalu sejak pendaratan pertama, masih belum berfungsi dengan baik. Dalam artian tidak ada lagi pesawat yang mencoba melakukan pendaratan ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here