0
259

Sebagian wilayah Indonesia akan dilewati fenomena gerhana matahari cincin pada 1 September 2016. Fenomena langka ini akan dapat dirasakan di 124 kota di 10 provinsi Indonesia.

Berdasarkan situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (31/8/2016), fenomena gerhana matahari itu terjadi pada sore hari. Alur gerhana itu akan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia.

“Di Indonesia, gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang matahari terbenam berupa Gerhana Matahari Sebagian,” tulis BMKG.

BMKG mengatakan pengamatan gerhana cincin itu bisa disaksikan di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur bagian barat. Puncak gerhana pertama kali teramati di Seai-Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17.52-18,5 WIB.

Untuk selanjutnya menyebar ke lokasi Sumatera. Setelah puncah gerhana matahari pun terbenam di kota lampung dan sebagian di Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Adapun proses gerhana berakhir ketika kontak terakhir terjadi. Hal ini akan teramati paling awal di Talang Ubi Kabupaten PALI, Sumatera Selatan pada pukul 17.59 dan paling akhir di Kepahiang, Bengkulu pukul 18.06 WIB.

dikutip__rmolsumsel.com/read/2016/08/31/56693/Besok-Gerhana-Matahari-Cincin-Terlihat-di-Talang-Ubi-PALI-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here